April 13, 2011

Titik Balik, Semoga!


Dan Demikianlah kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi dan (Kami memperlihatkannya) agar dia termasuk orang yang yakin.
[QS. Al-An’am:75]

Akhir-akhir ini, kepala saya sedang dipenuhi dengan konsepsi tentang Tuhan, Tuhan, Tuhan dan Tuhan, hanya itu yang ada dalam kepala saya.

Sekitar lima tahun kebelakang, saya berkesimpulan, Tuhan dan Agama hanya konstruksi yang telah dibuat oleh masyarakat untuk mengalihkan ‘kelemahan’ mereka. Segaris dengan apa yang pernah di paparkan oleh V.I. Lenin dalam Collected Works, “Impotensi kelas tertindas melawan eksploitatornya membangkitkan keyakinan kepada Tuhan, jin-jin, keajaiban serta yang sejenisnya, sebagaimana ia dengan tak dapat disangkal membangkitkan kepercayaan atas adanya kehidupan yang lebih baik setelah kematian”.
Berbicara masalah konstruksi pemikiran, saya lahir dan besar dalam lingkungan yang religious, sedari kecil saya selalu ‘didongengkan’ tentang Agama dan Tuhan, Tuhan itu yang menciptakan semesta dan isinya, kita harus berterimakasih dan bersukur melalui ritual-ritual peribadatan. Kontruksi tentang Tuhan itu mengkristal di kepala sehingga membentuk saya menjadi seorang yang religious-setidaknya, menurut ukuran saya- juga. Setelah kuliah, sekitar semester IV, bangunan itu mulai runtuh, tetapi masih meninggalkan bekas. Saya mulai meragukan keberadaan-Nya, saya mulai memupus konstruksi pemikiran tentang Tuhan, meski tanpa argument yang jelas! Ya, jika saya ditannya, kenapa kamu meragukan-Nya? Saya akan menjawab, buktikan keraguan saya salah. Apakah kamu bias membuktikan secara nyata, Tuhan itu ada? Kita harus bergantung kepada-Nya? Ada kehidupan setelah kematian yang akan mempertanggungjawabkan kelakuan kita semasa hidup? Mereka tak mampu menjawabnya secara jelas, hanya jawaban-jawaban yang mengambang dan utopis, yang membuat keraguan saya semakin membesar sehingga menghasilkan kesimpulan, anihilisasi total Tuhan.

Gersang, kata seorang sahabat mengomentari pilihan saya, dia pun tersenyum sinis menimpali ocehan saya tentang gak adanya Tuhan. Miris juga mungkin dia melihat saya dan kehidupan saya yang ‘gersang’, Tuhan itu nyata, ucapnya. Saya hanya tersenyum kemudian menjawab, tunjukan Tuhan, kalau memang dia ada, pinta saya. Dia menjawab simple saja, tunjukkan dulu pertannyaanmu itu, buat aku melihat pertanyaanmu itu, buat pertanyaan tentang Tuhan itu ada, baru aku tunjukkan nyatannya Tuhan. Sampai disini, saya bingung menjawabnya, dan pembicaraan itu terhenti sampai disana.

Entah mengapa, sejak pembicaraan tersebut, saya mulai kepikiran tentang Tuhan lagi. Gundukan konsepsi tentang Tuhan yang dulu sudah runtuh, kini mengganjal. Kini, nihilnya Tuhan menjelma menjadi noktah yang setiap saat semakin membesar. Kok bisa? mboh, saya pun bingung!

Saya tidak bisa menerima dan meyakini sesuatu yang tidak bisa tercerap inderawi, Tuhan contohnya, saya tidak pernah bertemu dengan-Nya, bersalaman, SMS-an dan ngobrol dengan-Nya. Tetapi mengapa saya bisa merasakan, menerima dan menyakini cinta, takut dan berani, padahal itu tidak bisa tercerap inderawi? Salah seorang psikolog, kalau tidak salah Jung, namanya, dia pernah bilang, Tuhan, cinta, dan takut itu bukan sesuatu yang tercerap secara fisik tetapi psikis, meski secara fisisk dia tidak ada tetapi secara psikis dia nyata. Yah, mulai ngawur dan gak jelas omongan saya.

Untuk sementara saya berkesimpulan, saya harus menerima keberadaan Tuhan seperti hangatnya pelukan kasih sayang Ayah dan Ibu saya & senyum manis ‘tulang rusuk’ yang selalau menjadi pelecut semangat menapaki kehidupan, yang kesemuannya BELUM bisa saya deklarasikan secara pisik, tetapi merasuk dalam ranah psikis.

“Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan kami) pada waktu yang Telah kami tentukan dan Tuhan Telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: ‘Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar Aku dapat melihat kepada Engkau’.
[QS. Al-A’raf:143]

108 komentar:

perawatan gedung mengatakan...

salam kenal aj mas bro??

busana muslim mengatakan...

kita serah kahan semua nya kepada tuhan YME di yg menciptan Alam semesta nih....
smua dah di takdiri Oleh tuhan YME ...
salam kenal gan nice Post

Steve mengatakan...

sangat mencerahkan.
semoga kita semua termasuk golongan orang orang yg beruntung.

motivasi mengatakan...

sebagai umat islam kita harus pandai pandai memilih panutan, jangan sampai keimanan kita diselentangkan dengan alasan jihad dan disuruh membom itu adalah faham sesat, alangkah lebih baiknya kita berfokus kepada tauhid dan amal kepada fakir miskin

kambing aqiqah mengatakan...

Teori darwin telah runtuh dan semua pemikiran filusuf yunani tentang tuhan telah dihancurkan teorinya oleh islam. Keberadaan alam semesta ini adalah bukti adanya tuhan. tidak mungkin langit dan tata surya ada dengan sendirinya. Bagaimana mungkin mata bisa melihat, telinga bisa mendengar, padahal tubuh itu berasal dari bahan yang sama. Yang memasukan keraguan dihati itu syetan, berfikirlah jernih maka diri ini akan menemukan tuhan. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah swt..

Afif Amrullah mengatakan...

Salam kenal juga Mas :)

Yupz, kita kudu menyerahkan segalanya kepada Tuhan. :)

Thanks udah berkunjung :D

Baturaden mengatakan...

memang iya sob kita harus gt

B.S.U. mengatakan...

nice soob

arsitek desain rumah mengatakan...

semoga kita menjadi orang yang selalu beruntung n salam kenal aj ?????

Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah mengatakan...

mantap... sedikit pencerahan buat hari ini...
salam blogging bro!!

cerita rakyat mengatakan...

nice to Info gan...thanks Info n Posting nya salam kenal good luck always...

pesta ulang tahun mengatakan...

Untuk sementara saya berkesimpulan, saya harus menerima keberadaan Tuhan seperti hangatnya pelukan kasih sayang Ayah dan Ibu saya.
Gan sory nih sekedar masukkan aja kata-kata untuk "sementara"mending jangan dipake deh karena seolah-olah agan cuma sementara doang menerima keberadaan Tuhan.he.he.sory ini sekedar saran aja.selebihnya mantap dan inspiratif

amad mengatakan...

siip... untuk pencerah jiwa di malam hari.. nice post... lam kenal...

Promosi gratis | iklan gratis mengatakan...

terimakasih atas pencerahannya shob, sangat luar biasa bermanfaat

resensi buku mengatakan...

thanks gan Info,semoga bermanfaat tuk yg lainnya juga y,salam kenal good luck...

Al's mengatakan...

Lam kenal mas afif, nama akhirnya sama dengan nama akhir saya hehehe... semoga kita diberi keselamatan di dunia dan di akhirat nanti, amin....

Afif Amrullah mengatakan...

maksud saya memakai kata 'sementara' adalah, seputar pemahaman Tuhan yang belum saya terima secara utuh, bukan percaya kepada Tuhan hanya sementara, meski meyakini Tuhan itu sifatnya khudzuri. tapi, thks atas sarannya, semoga Tuhan memberkati Anda :)

iya Mas, nama belakang kita sama. pertanyaan saya, kenapa alamat blognya kudu dibalik? :)

Thanks atas kunjungan kawan-kawan semua :)

mata mengatakan...

secerdas apapun otak manusia, pada akhirnya akan tunduk pada ketentuan tuhan...
thank atas pencerahannya...

wans mengatakan...

tuhan, artinya pemilik ( bahasa komering). kalau mbah punya kambing, maka mbah adalah tuhan kambing tsb...

Afif Amrullah mengatakan...

Bang Wawan, masih idup tho? :D

Unknown mengatakan...

pencapaian religius memiliki dua jalan: secara dogmatis, dan secara spiritual. spiritualitas sama sekali lepas dari dogma, meski pada titik-titik tertentu bisa melibatkan logika.... dan beruntunglah kita yang mendapatkan jalan kedua.....
sama seperti yang saya alami mas..... dari keluarga yang sama, dengan proses yang hampir sama pula... semoga kita benar2 tercerahkan dengan proses demi proses kehidupan dan spiritual....

wins mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

seni melembutkan hati,itulah kata yang selalu saya ingat dari guruku yang tulus,orang yang berjiwa seni tentulah orang yang lembut hatinya,jauh dari prasangka iri hati dan kekerasan,saya yakin yang mpunya blog ini juga demikian adanya,salam kenal..

Afif Amrullah mengatakan...

@aradeamarkatin
Salam kenal juga Mas,

bloggerbangka mengatakan...

Melihat dari materialisme..emang perlu bukti fisik..pi bukankah pandangan pun akan berkembang..peradaban esok bisa saja meniadakan pencipta...atau malah meneguhkan keberadaan Nya

Ketika kita menyebut tuhan, anti Tuhan, pada dasarnya kita mengakui keberadaan Nya...

Afif Amrullah mengatakan...

@aksansanjaya
Stuju, mengutip Pram, gak ada manusia yang gak punya kepercayaan, ketika dia menyakini angka-angka atau apapun, dia sudah berkepercayaan. thks :)

Esha mengatakan...

semakin kita berbicara ilmiah dan logika, akan semakin jauh kita dibawa dari konsepsi tentang KeTuhanan itu sendiri...
karena Tuhan itu diluar logika dan studi ilmiah...
Dia lebih besar dari itu semua....
:)

Ibie Shop mengatakan...

setidaknya menurut saya sudah tersetting pada diri manusia bahwa dia berfikir siapa pencipta dirinya dan alam semesta yaitu Allah. Tetapi terkadang perasaan itu terkubur oleh seluk beluk keduniawian yang ahirnya berbenturan dengan keyakinan dia.

Afif Amrullah mengatakan...

@Ibie Shop
Thanks Sob :)

Belajar Online Shop mengatakan...

menginspirasi sekali mas...mampir ya mas :bali

Agus Swastika mengatakan...

good.. salam dari www.beritabali.com

Afif Amrullah mengatakan...

Thks atas kunjungan temen2 semua :)

Unknown mengatakan...

aku nggak mengerti.

Firman Win mengatakan...

judul labelnya koq ngoceh?
Bgus ceramah atau apa ke gan. .
Tp dari postinganya mantap bner. .
Nice info

Yu mengatakan...

subhanallah :)

Anonim mengatakan...

salam kenal...
artikel ini tak buar referensi tugas kuliah q.. makasih

Unknown mengatakan...

memang bro,kalo kita bertanya tentangtuhan hanya dengan mengandalkan logika kita saja,sepertinya kita tidak akan menemukan jawaban itu

wahidin rahmadi mengatakan...

saya sangat suka dengan blog anda ini. . . karena blog anda ini sangat berguna buat saya. . .

kunjungi balik gan. . .

Starting_Eleven_92 mengatakan...

Semoga kita senantiasa di beri petunjuk olehnya.

Thanks gan, bermanfaat banget

dian mengatakan...

TUHAN ITU ADA DAN DIA KAN SELALU ADA

Unknown mengatakan...

Thanks bos.. mantab lah..
Blogger

Blognadei mengatakan...

makasih , tulisannya sangat bermangfaat. sekali

Barokah Haji Umroh mengatakan...

bumi dan langit tidak bisa menciptakanKu. Aku berada di qolbu hambaku yang beriman.

Anonim mengatakan...

Wah...sangat mengispirasi. Tuhan juga mengaugerahkan alam yang begitu bermanfaat untuk manusia.
Sehat Alami

Unknown mengatakan...

sip...makasih informasinya!!untuk mencerahkan hati dan jiwa :)

Pantun Cinta

audioserpong mengatakan...

semoga puisi ini,dapat mencerahkan hatisaya ,yang sedang dalam keputus asaan.

audioserpong mengatakan...

semoga puisi ini,dapat mencerahkan hatisaya ,yang sedang dalam keputus asaan.

Adsloko.com mengatakan...

Semoga puisi ini dapat bermanfaat bagi penulisnya dan dapat diambil hikmahnya oleh pembaca

Salam Hangat,
http://adsloko.blogspot.com

Firman Win mengatakan...

semangat gan,...

Disabilitas dan pandangan masyarakat

Unknown mengatakan...

semangat kawan, semoga sukses ya.

farid mengatakan...

harus bilang wow nich...
sekalian titip link ya gan... biar dapur bisa ngebul.. trims..
Obat Flu Tulang Obat Diare Obat ISK Alami Obat Herbal Kanker Payudara Obat Maag Kronis Obat SGOT dan SGPT Tinggi Obat Herbal Kista Ovarium Obat Batu Ginjal Obat Sinusitis Alami Obat Herbal Stroke obat kanker leher rahim Obat Patah Tulang Obat Penyakit Lupus Obat Herbal Jantung Koroner Obat Batu Ginjal Penjual Obat Herbal Alami Agen Herbal Ace Maxs Obat Jantung Informasi Pertanian
Terimakasih Atas Pengertiannya..
salam kenal

Unknown mengatakan...

wahh banget tulisannya..
http://genk-remaja.blogspot.com

Ompi mengatakan...

apa yang anda alami adalah pengalaman perjalanan jiwa saya 18 tahun yang lalu, dan... akhirnya sayapun lelah sendiri... terdampar tanpa daya untuk mengakui bahwa Tuhan itu memang ada, jelas, nyata namun hanya mata hatilah yang mampu menatap dan menikmati keindangan Tuhan.

dapatkan informasi dan peluang usaha di
www.sabutkelapa.net
www.facebook.com/komunitassabutkelapa

Unknown mengatakan...

Bajumurmer.com Toko Baju Online Jual Baju Grosir Murah Reseller Dress Gamis Anekahosting.com Web Hosting Murah Terbaik di Indonesia



ARTIKEL TERPOPULER1.Mengapa blog tidak berkembang ?2. Teknik Seo Paling Ampuh
3. Asal usul alexa.com
4.Hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah postingan

Anonim mengatakan...

Bagust postingannya

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah, akhirnya nemu juga yang ngepost ini. makasih ya. Do`ain moga sukses saat memanfaatkannya.

Suginugi mengatakan...

Iyaa bener, Cuma TUHAN dan Satu Pasti Untuk Sukses yang harus memenuhi HIDUP kita, tanpa itu, semua kurang lengkap: klo ngga percaya buka juga deh blog saya,

http://suginugi.blogspot.com/2013/09/9-alternatif-kesuksesan-.html

Unknown mengatakan...

bagus gan



obat wasir
obat ambeien
obat wasir ampuh
obat wasir manjur
obat wasir herbal
obat wasir mujarab
pengobatan wasir
obat wasir alami
obat untuk wasir
obat wasir ambeien

Anonim mengatakan...

mantp gan..
thanks

Unknown mengatakan...

nice post
obat kutil kelamin herbal

Unknown mengatakan...

indah guys :)

Anonim mengatakan...

Artikel yang bagus

Anonim mengatakan...

Nice post.. terus berkarya

Unknown mengatakan...

terus berusaha bro

Anonim mengatakan...

Kata kata merasuk di jiwa
www.7liveasia.com

Unknown mengatakan...

semoga bermanfaat tuk yg lainnya juga y,salam kenal good luck...

Anonim mengatakan...

sip...makasih informasinya!!untuk mencerahkan hati dan jiwa :)

salam admin : 168sdbet.com

admin mengatakan...

sebagai umat islam kita harus pandai pandai memilih panutan, jangan sampai keimanan kita diselentangkan dengan alasan jihad dan disuruh membom itu adalah faham sesat

Laras mengatakan...

Innolife Fish Oil (Minyak Ikan)

Stella Yang04 mengatakan...

update terus yah bro

Agen Bola
Agen Poker
Agen Sbobet
Agen Judi Bola
Bandar Bola
Situs Taruhan Bola
Website Taruhan
Taruhan Bola
Bandar Bola

Unknown mengatakan...

thanks infonya sangat bermanfaat

Jual Madu Herbal

susanto mengatakan...

bandar togel
Agent togel Singapore terpercaya
Agen togel
agen togel online
agen togel terpercaya
buku mimpi
agen togel singapore
togel online

Stella Yang04 mengatakan...

thx gan

Agen Bola
Agen Poker
Agen Sbobet
Agen Judi Bola
Bandar Bola
Situs Taruhan Bola
Website Taruhan
Website Taruhan
Agen Bola
Agen Poker
Bandar Bola
Agen Bola

niaga poker mengatakan...

Thanks buat artikelnya gan.. semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang di dapat...

Agen Poker
Agen Poker Online
Agen Poker Terpercaya
Poker Online
Poker Terpercaya
Bandar Domino
Bandar Domino Online
Agen Domino
Judi Poker
Taruhan Poker
Bandar Poker

chiko Hernandez mengatakan...

Artikel yang sangat menarik :D
http://clayton88.blogspot.com | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | www.Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://www.informasiberita.info | http://goo.gl/RkuB4G | http://clayton88.blogspot.com | http://goo.gl/8rM20b | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/5dAkJO

Kumpulan Berita Menarik
Berita Menarik
Artikel Aneh Unik
Berita Lucu
Artikel Misteri Dunia
Blog Dofollow
Tips Menarik

Prediksi Bola
Kumpulan Berita Terkini
BlogWalking
Info Travel
Jadwal Bola
Berita Unik
Kuliner
Tukar Link

Kumpulan Agen Casino Online
Situs Bola
Agen Tangkas
Agen Bola
Agen Casino
Agen Poker
Agen Togel
Bandar Bola

Unknown mengatakan...

salam kenal gan, bagaimanakah resep membuat bebek bakar madu yang enak

Unknown mengatakan...

lanjutkan berkarya gan

yang suka streaming dan download Film Box Office mampir kemari

eva mengatakan...

Promo event
Agen Poker Online Terpercaya
Selamat datang Di www.858poker.com
*Bonus Next Deposit 3% (Max 200 ribu)
*Bonus NEw Depo 10% (Max 300 ribu)
*Bonus Rolingan 0.5% Perminggu
*Bonus Referral 20% (seumur hidup )
NB : Setelah Deposit Wajib Claim Bonus / di Anggap Hangus !
- Extra Event Turn Over Bulanan
* Rollingan 50 juta = FreeChips Rp 150.000,-
* Rollingan 100 juta = FreeChips Rp 250.000,-
* Rollingan 200 juta = FreeChips Rp 500.000,-
* Rollingan 500 juta = FreeChips Rp 1.000.000,-
* Rollingan 1 M = FreeChips Rp 2.000.000,-

NB : TIDAK ADA BATAS PEMENANG ! Hadiah Event Turn Over akan dibagikan pada tanggal 1 setiap bulannya. ( CLAIM )

SITUS JUDI ONLINE | POKER ONLINE | DOMINO | DOUBLE BONUS REFERRAL | BANDAR ? 858POKER.COM
858POKER

Anonim mengatakan...

selama harapan masih ada, maka kamu hidup..klik.. http://bit.ly/2aFvVAJ

Unknown mengatakan...

coba kawan kunjungi web saya banyak info menarik...
http://bit.ly/29YvBA7

Unknown mengatakan...

silahkan kunjungi website saya gaesss>>>>
http://bit.ly/2acHWvF

Unknown mengatakan...

kunjungi web saya kawan banyak info menarik dan berita terkini>>>
http://bit.ly/2ag4OxL

Unknown mengatakan...

Maksih kak atas pencerahan nya.

Nonton film live action Jepang
Nonton film Jepang

Anonim mengatakan...

mantap ni puisinya....

Putro mengatakan...

Jangan mikir yang berat2 soal bagaimana sifat dan bentuk tuhan itu om. Hanya perlu di yakini aja, trus dilaksanain perintahnya.
Freemason dan Sains Modern
asuransi kecelakaan diri terbaik astra life
Asuransi online pasarpolis.com

Putro mengatakan...

Semua orang pasti bertemu dengan kejatuhan dan titik balik mereka :-)

binis perang Illuminati | Yahudi AS dan Eropa adalah palsu

Black Min mengatakan...

download aplikasi uc web for android - Browser terbaik untuk ponsel Anda

sena nabila mengatakan...

nice puisi
Walatra Sehat Mata Softgel

sena nabila mengatakan...

Nice
Bahaya Penyakit Ginjal pada Ibu Hamil

sena nabila mengatakan...

Nice
Obat Herbal Batu Empedu Tanpa Operasi

sena nabila mengatakan...

nice blog
Agen Qnc Jelly Gamat Kota Bogor

sena nabila mengatakan...

Agen Qnc Jelly Gamat Surabaya

sena nabila mengatakan...

Nice
6 Faktor Penyebab Penyakit Sinusitis

sena nabila mengatakan...

nice work
Agen Terpercaya QnC Jelly Gamat Kota Ambon

sena nabila mengatakan...

Nice post
Agen Terpercaya Qnc Jelly Gamat Surakarta

sena nabila mengatakan...

Nice post
Bahaya Sinusitis Pada Anak

sena nabila mengatakan...

nice blog
Walatra Berry Jus Obat Herbal Terbaru

Anonim mengatakan...

bandar togel
togel hongkong
togel singapore
judi togel
angka main
angka togel
main togel online

fitri andriani mengatakan...

Terima kasih untuk Informasinya ya gan, Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^


Domino 99
Bandarq Online
Agen poker online
Agen poker terbaik

BANDAR TOGEL TERPERCAYA mengatakan...

Gila Mantap Banget Artikelnya

mampir juga : http://www.jejakbandar.com



Baca Juga:

4 Situs Togel Terpercaya 2018

6 Bandar Togel Terbesar 2018

Fakta Tentang Bocoran Togel Singapura

Jual Database Nomor Untuk Togel

Situs Togel Online Aman Terpercaya

Unknown mengatakan...

good job gan
jual vimax
jual klg
jual titan gel
jual hummer of thor
www.tokoobatlombok.com

gebby sandra mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Shellin Ling mengatakan...

daftar poker

GROSIR KAOS POLOS mengatakan...

Agak sedih sih baca nya :( Ya semoga saja kita semua mendapatkan yang terbaik yang kita butuhkan ya. Aamiin

VILLABETTING mengatakan...

villabetting
VILLABETTING LINK ALTERNATIF VILLABETTING
DOMINOHALO HALOQQ HLOQQ
VILLAKARTU VILLA KARTU

Kanny Silvia mengatakan...


Ayo Join BERSAMA WWW.BOLAHAPPY88.COM
WINRATE LAGI GILA-GILAAN..!!!

Bonus nya juga banyak banget bos ku.. :)

Bonus HappyBola88 :
• Bonus Absen Mingguan 50K
• Lucky Spin ( Tanpa Diundi )
• Point Reward ( Tanpa Diundi )
• BONUS UC PUBG & DIAMOND ML
• Bonus Deposit Harian up to 10%
• Bonus TurnOver

Khusus Member Baru :
• Bonus New Member Hingga 100%
• Extra Bonus Hingga 200%


Agen Bola88

Agen Bola88 Online

Agen Bola Asia

Agen Judi Bola

Bandar Judi Bola

Agen Casino Online

Agen Slot Terpercaya

Deposit Via Pulsa

Deposit Via OVO

Info Lebih lanjut :
Whatsapp : +85561930898
Telegram : +85561930898
Line : happybola88

Kenur mengatakan...

terima kasih,artikel yang menarik
Jasa Thermoplastic Terbaik
Jasa Flooring Coating Murah
Aplikator Lantai Beton Murah
Jasa Pengecatan Lapangan Murah
Jasa Konstruksi Baja

kenal.org mengatakan...

Nice info, thanks for share

oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral orang minum Kopi Terbaik pake Dompet Original mau Paid Promote untuk Jual Akik Gambar dengan corak Batik Tulis

Posting Komentar